Perpanjang STNK Lebih Mudah Jika Mengetahui Prosedurnya

Perpanjang STNK merupakan kewajiban bagi Anda sebagai pemilik kendaraan bermotor baik roda 2,roda 4 ataupun lebih. Apa itu STNK? STNK adalah kepanjangan dari Surat Tanda  Nomor Kendaraan. Fungsi dari STNK yaitu surat ini menunjukkan bahwa kendaraan bermotor yang Anda miliki adalah kendaraan resmi, alias bukan barang curian.


Kapan saja Anda wajib perpanjang STNK? STNK wajib diperpanjang setiap 1 tahun dan 5 tahun sekali. Lalu apa beda perpanjang STNK antara 1 tahun dan 5 tahun? Anda bisa simak penjelasan berikut mengenai perbedaan cara perpanjang STNK antara yang 1 tahun dan 5 tahun. 

Perpanjang STNK 1 tahun
Dilakukan setiap 1 tahun sekali, waktu perpanjang STNK ini biasanya merujuk pada saat pembelian pertama kali dari dealer resmi penjual kendaraan tersebut. STNK tahunan ini fungsinya untuk membayar pajak tahunan kendaraan bermotor. 

Untuk membayar pajak tahunan Anda tidak perlu ke kantor samsat pusat. Ada 2 cara yang bisa Anda gunakan untuk  membayar pajak tahunan, yaitu membayar  secara online atau mengunjungi loket samsat resmi yang telah ditunjuk  ditunjuk. 

Membayar Online
Anda dapat membayar pajak tahunan bermotor yang Anda miliki di situs resmi sendiri. Caranya yaitu Anda buka situs E-Samsat sesuai dengan provinsi dimana Anda tinggal. Anda tinggal mengisi formulir  yang sudah tersedia. Pilihan membayar online lainnya bisa di Indomaret atau e-commerce misalnya Tokopedia

Membayar di Loket Resmi
Loket resmi untuk membayar pajak tahunan biasanya terletak di tempat keramaian misalnya mall dan alun-alun kota. Hal ini dilakukan untuk mempermudah masyarakat apabila ingin membayar pajak tahunan kendaraan bermotor, mereka tidak harus membayar ke kantor samsat pusat.  

Jangan lupa Anda siapkan dokumen penting yang diperlukan sebagai syarat misalnya BPKB asli dan fotokopi, STNK asli dan fotokopi, KTP asli dan fotokopi. Untuk KTP asli yang Anda bawa adalah KTP dari pemilik kendaraan bermotor tersebut sesuai  data yang ada di kantor samsat. 

Jadi apabila kendaraan Anda tersebut memakai nama orang lain sebagai pemilik kendaraan, maka KTP dari orang tersebut yang Anda bawa sebagai bukti kepemilikan kendaraan. 

Perpanjang STNK 5 tahun
Perpanjang STNK 5 tahunan dilakukan setiap 5 tahun sekali. Pada saat perpanjang STNK ini Anda tidak bisa membayarnya secara online.  Anda harus datang ke kantor samsat pusat. 

Tidak hanya datang ke kantor samsat pusat dengan hanya membawa dokumen yang diperlukan sebagai syarat perpanjang STNK. Anda harus datang dengan membawa kendaraan bermotor tersebut ke kantor samsat pusat untuk dilakukan pengecekan fisik dan lainnya. Berikut adalah langkah-langkah dalam mengurus perpanjangan STNK.

1. Kunjungi Kantor Samsat Pusat
Cari informasi mengenai dimana kantor samsat pusat di kota Anda berada. Hal ini perlu Anda lakukan karena Anda harus membawa kendaraan Anda ke kantor pusat.

2. Pemeriksaan Fisik Kendaraan
Pada saat tiba di kantor samsat pusat Anda bisa langsung menuju ke tempat pengecekan fisik kendaraan. Proses pengecekan fisik kendaraan tidak memerlukan waktu yang lama. Cek fisik kendaraan gunanya untuk mengetahui nomor rangka dan nomor mesin dari kendaraan tersebut. Dengan begitu bisa dilihat kesesuaian nomor rangka dan nomor mesin dengan data yang ada di BPKB.

3. Isi Formulir
Silahkan Anda isi formulir pembayaran pajak 5 tahunan yang ada di loket. Setelah itu formulir tersebut bisa Anda serahkan ke petugas beserta data pendukung sesuai dengan syarat yang diperlukan untuk mengurus perpanjang STNK 5 tahunan. 

4. Bayar Pajak
Bayar pajak Anda sesuai dengan tagihan. Lalu Anda akan mendapat STNK yang baru serta mengambil plat nomor kendaraan Anda yang baru di tempat yang ditunjuk. 

Gampang bukan cara perpanjang STNK ? Tak perlu ragu, segera bayar pajak tahunan bermotor Anda dan turut berpartisipasi dalam pembangunan negara kita.