Rangkaian Proses Booking Hotel Sampai Check Out Untuk Anda yang Belum Pernah

Untuk Anda yang sama sekali belum pernah booking hotel mungkin sangat penasaran bagaimana prosesnya. Terlebih jika dalam waktu dekat ini memang Anda membutuhkan sewa kamar hotel, pasti rasanya sangat ingin tahu bagaimana cara-caranya sampai check out.


Urutan Proses Booking Hotel
Berikut adalah informasi urutan mulai dari booking hotel sampai check out serta beberapa hal yang sebaiknya diketahui oleh tamu.

1. Booking Atau Pesan
Tentu saja semua ini akan diawali dengan booking hotel. Booking atau pemesanan bisa dilakukan secara online maupun secara offline. Kebanyakan mereka yang membutuhkan sewa kamar hotel melakukan pemesanan secara online. Hal ini wajar karena memang melakukan pemesanan hotel secara online terasa lebih mudah dan tidak perlu dua kali datang ke hotel.

Maksudnya adalah mereka tidak perlu datang ke hotel hanya untuk pesan, kemudian datang lagi saat hari H. Anda pun juga bisa memanfaatkan aplikasi atau website travel, yang memang menyediakan fitur untuk pesan hotel.

Cara menggunakannya sangat sederhana, Anda hanya perlu memasukkan pencarian kota serta spesifikasi hotel yang dibutuhkan. Anda juga bisa memasukkan kisaran budget yang dimiliki untuk sewa kamar hotel.

2. Datang Ke Hotel
Kemudian setelah hari pemesanan tiba, langsung saja menuju hotel. Bawa semua kebutuhan pribadi Anda supaya di sana nanti Anda bisa lebih hemat. Kebutuhan seperti sabun, sampo, handuk, dan toiletries yang lain tidak perlu dibawa, karena di sana sudah di fasilitas kan.

Sesaat setelah sampai di hotel, langsung menuju ruangan atau meja reservasi. Jika sebelumnya Anda telah melakukan pemesanan secara online atau aplikasi, maka katakan bahwa Anda telah memesan dengan atas nama Anda dan dengan aplikasi apa.

Tidak menutup kemungkinan Anda membutuhkan sewa kamar hotel secara mendadak. Jika demikian, maka langsung saja mengunjungi hotel yang Anda kehendaki dan katakan bahwa Anda ingin menyewa kamar. Nantinya resepsionis akan menawarkan jenis-jenis kamar yang tersedia beserta informasi harga dan informasi lainnya.

3. Mendapatkan Akses Kamar (Check In)
Jika reservasi selesai Anda akan diberikan akses kamar. Akses kamar ini bisa berupa kartu bisa juga berupa kunci. Jika memang Anda tidak tahu keberadaan kamar Anda maka jangan ragu untuk menanyakan di mana letaknya. Apapun yang membuat Anda ragu tanyakan saja, seperti misalnya di mana lift, tangga, restoran, kafe, kolam renang, atau fasilitas-fasilitas lainnya yang ditawarkan oleh hotel yang ingin Anda nikmati.

4. Mengecek Barang Pribadi
Jika sudah tiba waktu untuk mengakhiri pemesanan kamar, maka sebelum meninggalkan kamar ada baiknya untuk melakukan pengecekan barang pribadi. Jangan sampai ada barang pribadi yang tertinggal. Sebab tidak semua hotel mau mengembalikan barang barang tamu yang tertinggal.

5. Mengetahui Barang yang Tidak Boleh Dibawa Pergi
Ketahui juga beberapa barang yang tidak boleh dibawa pergi dari kamar oleh tamu. Barang seperti perabotan kamar, alat elektronik yang ada di sana, handuk, gelas, dekorasi, tidak boleh dibawa pergi. Namun peralatan toiletries seperti shampo, sabun, sikat, dan pasta gigi boleh-boleh saja dibawa pergi oleh tamu.

6. Mengakhiri Sewa Kamar (Check Out)
Datanglah ke meja reservasi dan katakan bahwa Anda ingin melakukan check out. Jangan lupa untuk mengembalikan kunci atau kartu sebagai akses kamar Anda.

Biasanya resepsionis akan menyuruh Anda untuk menunggu beberapa menit. Durasi waktu ini akan digunakan petugas hotel untuk mengecek barang-barang yang ada di dalam kamar yang telah Anda sewa. Jika sudah pasti tidak ada barang hotel yang anda bawa, maka Anda baru bisa pergi meninggalkannya.

Kini Anda sudah tahu apa saja yang harus dilakukan dan harus dimulai dari mana, yaitu mulai dari booking hotel sampai pergi meninggalkan hotel atau check out.