Sebelum Mulai, Lakukan 5 Tips Anti Kram dan Nyeri Saat Jogging

Jogging merupakan olahraga ringan yang sering dilakukan banyak orang. Memang bukan olahraga berat namun melakukan pemanasan penting agar tidak nyeri dan keram ketika berlari. Selain itu juga berguna agar otot dan jantung tidak terkejut dengan kondisi tubuh yang tiba-tiba lari.


Persiapkan Diri dengan Gerakan Lunges
Gerakan lunges dilakukan dengan menekuk lutut bertujuan untuk mempersiapkan kaki sebelum berlari. Kaki kanan ditempatkan ke depan dengan posisi menekuk sampai 90 derajat menyiku, kaki kiri diarahkan ke belakang. Lutut kaki belakang ditekuk hingga membentuk sudut 90 derajat, dipraktikkan selama 10 kali. Posisi antara kaki kanan dan kiri  boleh ditukar.

Lakukan Gerakan Quadriceps
Gerakan ini dilakukan sambil berdiri dengan kaki sebelah kiri. Tulang kering di kaki kanan diangkat kemudian tekukkan ke belakang. Tulang kering ditarik ke arah pantat, jangan lupa lutut arahnya ke tanah serta hindari menarik lutut ke samping. Gerakan ini bisa dilakukan selama 30 detik dan setelah itu ganti dengan kaki sebelah kiri.

Gerakan Squat
Melakukan gerakan squat sebelum jogging berguna untuk memperkuat tumpuan kaki, caranya dengan membuka kaki selebar bahu. Kedua lutut ditekuk serta di tahan dengan posisi membentuk 90 derajat. Kedua tangan dibiarkan lurus ke depan supaya merasa nyaman dengan tarikan otot punggung. Lakukan gerakan ini selama 10 hitungan dengan posisi seperti itu.

Berjinjit
Berjinjit ialah kegiatan yang cukup ringan dan mudah untuk dilakukan. Memulainya bisa dengan berdiri di pinggir tangga, naikkan telapak kaki hingga bagian paling belakang terasa menggantung. Tubuh usahakan tetap menghadap ke depan. Kaki dinaikkan serta diturunkan secara bergantian hingga bisa merasakan adanya kontraksi otot yang berada di betis.

Lakukan Gerakan High Knee
Terakhir jangan lupa  terapkan gerakan High knee dimana prinsipnya hampir sama dengan posisi lari di tempat. Untuk memulai gerakan high knee ini, persiapkan diri terlebih dulu dengan posisi siap untuk berlari. Namun, sebaiknya kaki diangkat hingga tinggi sepinggang dan gerakan ini bisa dilakukan sebanyak 10 kali.

Jadi, begitulah caranya agar jogging yang Anda lakukan nyaman dan lancar, tanpa ada rasa kram ataupun nyeri, selamat mencoba.